Kamis, 26 November 2015

TUGAS ONLINE 3 RENCANA PEMASARAN (SRI ANI 2014-36-031)



                                                       TUGAS ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PEMASARAN”




Disusun oleh:

SRI ANI (2014-36-031)





       
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015





Riset pemasaran sederhana untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan calon pembeli :
1.      Jenis barang/jasa yang dijual                               : Distro Sepatu dan Pakaian

2.      Keunggulan produk dibanding pesaing  :
ü  Saya memberikan model baju lengan pendek maupun lengan panjang dengan gambar-gambar artistik yang sangat bagus, warna-warna yang menarik dan beraneka ragam
ü  model sepatu skate ataupun sepatu kulit.
ü  Produk distro ini mengutamakan kualitas sablon yang tidak luntur maupun rusak
ü  jahitan sepatu yang nyaman
ü  Design-design yang ada di distro kami pun lebih terlihat khas dan original
ü  Saya juga menyediakan beberapa design pilihan yang selalu up to date sesuai dengan moment dan trend yang sedang terjadi.
ü  Selain itu juga distro ini bersedia apabila ada pelanggan yang ingin menggambar bajunya sendiri dengan keinginannya sendiri.

3.              Target pembeli (kelas pembeli)                        : Target pelanggan Distro ini adalah anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang up to date. Mereka adalah pengguna sepatu dan baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu, baik anak sekolah SMP, SMA dan anak Kuliahan.

4.              Daerah penjualan (kota, negara)                      : Disini saya berlaku sebagai reseller dan biasanya menerima pesanan melalui internet, instagram, web dan secara online. Daerah penjualan nya dari Jakarta dan Luar Jakarta. Seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Medan, Lampung dan Makassar.

Aspek permasaran lainnya:   
1.      Permintaan : 
a.       Lokasi                                                             :Kota DKI JAKARTA
b.      Jumlah penduduk                                            :9.988.495 Jiwa*
c.       Usia                                                                 :15+
d.      Pendapatan                             :
Penjualan senin-sabtu (6 hari)
1pcs Baju (Suplier)                                          : 40.000
1pcs Sepatu (Suplier)                                      : 50.000
Reseller Menjual Produk Baju                    : 50.000
Reseller Menjual Produk Sepatu                 : 60.000

ü  Penjualan per Hari 5pcs (Baju) x 50.000 = 250.000/ hari
ü  Penjualan per Hari 3pcs (Sepatu) x 60.000 = 180.000/ hari

ü  Penjualan per Minggu (6hari) 20pcs (Baju) x 50.000 = 1.000.000/minggu
ü  Penjualan per Minggu (6hari) 15pcs (Sepatu) x 50.000 = 900.000/minggu

ü  Penjualan per Bulan ( 26hari) 40pcs (Baju) x 50.000 = 2.000.000/bulan
ü  Penjualan per Bulan (26hari) 25pcs (Sepatu) x 60.000 =1.500.000/bulan

ü  Jadi 40pcs (Baju) dan 25pcs (Sepatu) dalam 1bulan
Pendapatan dari supplier :
    40pcs (Baju) x 40.000 (harga suplier) = 1.600.000
                            25pcs (Sepatu) x 50.000 (harga suplier) = 1.250.000

e.       Potensi pembeli                       : Semua kalangan dari SMP, SMA dan Kuliah.     

f.       Penjualan per bulan                 :
Setiap Bulan 40pcs (Baju) x 50.000 (harga reseller/jual) = 2.000.000/bulan
Setiap Bulan 25pcs (Sepatu) x 60.000 (harga reseller/jual) = 1.500.000/bulan
Jadi total 65pcs (Baju dan Sepatu) dalam 1 bulan

Jadi,
Pendapatan/keuntungan bersih (Baju) 2.000.000 – 1.600.000 = 400.000/bulan
Pendapatan/keuntungan bersih (Sepatu) 1.500.000 – 1.250.000 = 250.000

g.      Penjualan per tahun dan sebagainya : 
Pendapatan/keuntungan bersih (Baju) 2.000.000 – 1.600.000 = 400.000/bulan
400.000/bulan x 12 (bln) = 4.800.000

Pendapatan/keuntungan bersih (Sepatu) 1.500.000 – 1.250.000 = 250.000/bulan
250.000/bulan x 12 (bln) = 3.000.000

2.      Penawaran :
a.       Kapasitas pesaing utama         : Online shop yang menawarkan barang serupa tetapi berbeda desain

b.      Rencana penjualan                  : Bisa membuat outlet sendiri di kota Jakarta dan meluaskan bisnis online dengan produk baru yang lebih berbeda

c.       Mangsa pasar dan sebagainya : Luar kota dan Luar Negeri

3.      Tingkat pertumbuhan :
a.       Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (%) : 80%
b.      Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%) : 70%
c.       Pertumbuhan penjualan (%) dan sebagainya : 80%

4.      Persaingan :
a.       Pesaing utama (keunggulan)               : Menyediakan dan menawarkan berbagai macam desain dan bahan yang hampir sama


b.      Pemasaran(product, price, place, promotion) :
Product: Distro Sepatu dan Pakaian
Price: 50.000-60.0000
Place : Jl. Tebet Utara Dalam No. 5/22 Jakarta Selatan
Promotion : Melalui instagram, facebook, online shop

c.       Biaya distribusi/place (Rp)                  : 200.000

d.      Biaya promosi (Rp)                             : Belanja 5pcs baju bias mendapatkan voucher belanja seharga 50.000

e.       dan sebagainya                                    : Distro sepatu dan pakaian ini memiliki bahan yang dingin dan nyaman jika digunakan, kualitas sablon dan jahitan nya pun tidak mudah rusak serta untuk warna nya pun sangat bervariasi dan untuk harga pun cukup relatif bersahabat bagi kalangan anak-anak muda sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar